Share

Pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dan Indra Catri (NA-IC) disambut baik oleh Azwar Anas saat bersilaturahmi ke rumahnya di Jakarta pada Jumat (21/8).

Mantan Gubernur Sumbar priode 1977-1987 tersebut, kata Nasrul Abit, berpesan agar dalam memajukan Provinsi Sumatera Barat, harus mempunyak gagasan dan program-program yang betul-betul dibutuhkan oleh daerah.

“Ada 3 program yang disampaikan oleh Pak Azwar Anas untuk bisa dilaksanakan guna memajukan Provinsi Sumatera Barat ke depannya, yakni pemanfaatan potensi kearifan lokal budaya Minangkabau, penerapan landasan iman dan taqwa (Imtaq), terakhir, pemanfaatan potensi rantau bagi daerah,” ungkap Nasrul Abit.

Masukan tersebut tentu menjadi ‘modal’ bagi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat ke depannya.

“Hal ini tentu saja akan kami masukkan ke dalam salah satu program prioritas kami. Karena bagaimanapun, potensi kearifan lokal, seperti Tigo Tungku Sajarangan harus bisa tergambarkan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Peran penghulu/ninik mamak dalam menjaga norma adat, alim ulama dalam norma agama serta cadiak pandai yang berada di dalam pemerintahan harus terimplementasi dan saling berkaitan satu sama lain untuk memajukan Sumatera Barat,” ujar Nasrul Abit.

Kemudian terkait penerapan Imtaq juga diterapkan dan akan dimasukkan dalam setiap sendi program Paslon Gubernur dan Wagub Sumbar tersebut. Seluruh aparatur pemerintahan dan stakeholders yang berada di dalamnya harus memiliki landasan Iman dan Taqwa yang kuat agar penyelenggaraan pemerintah bisa berjalan dengan baik dan benar.

Selanjutnya, calon Wakil Gubernur Sumbar, Indra Catri mengatakan, bahwa selain pemanfaatan kondisi lokal, salah satu program unggulan NA-IC yang juga sejalan dengan masukan dari Azwar Anas adalah pemanfaatan potensi perantau Sumatera Barat.

“Jumlah perantau Minang, baik yang berada di Indonesia maupun di luar negeri yang besar tentu bisa dijadikan sebuah potensi penggerak roda pemerintahan, baik dalam sumbangsih pikiran dan karya nyata bagi peningkatan pembangunan Sumatera Barat,” ujar Indra Catri.

Dalam kesempatan tersebut, Azwar Anas dan Syahrul Ujud juga berpesan, agar dalam penyelenggaraan tata pemerintahan harus cermat dengan peraturan perundang-undangan.

loading...