Share

Pinang merupakan salah satu komoditas pertanian unggulan di Nagari Anduring, Kecamatan Kayu Tanam, Padang Pariaman. Namun, masyarakat setempat tidak memiliki mesin pengupas pinang. Karena itu, mereka mengharapkan bantuan mesin pengupas pinang untuk mendongkrak produktivitas dan perekonomian.

Harapan tersebut disampaikan warga Kayu Tanam kepada calon Wakil Gubernur Sumbar, Indra Catri, yang berkunjung ke daerah tersebut pada Sabtu (31/10). Perwakilan petani Nagari Anduring, Ramayulis, menyebut bahwa mesin pengupas menjadi kebutuhan saat ini karena produksi pinang di Anduring cukup besar.

“Untuk mempercepat dan mendongkrak ekonomi petani, maka mesin pengupas pinang memang sangat diharapkan,” ujarnya.

Mesin pengupas pinang itu, kata Ramayulis, belum ada dijual di Sumatera Barat, tetapi bisa dipesan. Harganya diperkirakan Rp 60 juta. Ia mengatakan bahwa jika sudah ada, alat itu akan digilir dan dikelola oleh kelompok tani atau BUMNag.

Ramayulis mengatakan bahwa saat ini harga pinang cukup bagus, yakni Rp 15 ribu hingga Rp18 ribu per kilogram. Sepengetahuannya, Pasar Kayu Tanam ramai kalau pinang mahal karena mata pencarian mayoritas di daerah itu dari pinang.

“Kalau pinang murah, biasanya pasar sepi karena ekonomi masyarakat lesu,” ucapnya.

Ramayulis menilai Indra Catri sangat paham persoalan pertanian. Ia menilai hal itu dari kinerja Indra Catri selama menjadi Bupati Agam dua periode, yang berhasil mendongkrak hasil pertanian petani di sana.

“Kami dukung Nasrul Abi-Indra Catri dalam Pilgub kali ini. Semoga pesta demokrasi berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Indra Catri mengatakan bahwa pihaknya pasti mengupayakan mesin pengupas pinang tersebut untuk masyarakat Nagari Anduring. Ia juga mengapresiasi ide-ide petani yang makin melek teknologi.

“Saya selama ini pikir hanya ada alat penggiling padi, kelapa, dan komoditas umum lainnya. Ternyata mesin pengupas pinang juga ada,” ucapnya.

Komoditas unggulan, kata Indra Catri, memang menjadi prioritas pihaknya di bidang pertanian untuk mewujudkan Sumbar Unggul. Oleh sebab itu, ia bersedia membantu masyarakat Nagari Anduring jika membutuhkan mesin pertanian maupun bibit.

loading...