Share

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengadakan pertemuan bersama Ketua KPU Sumbar Amnasmen, Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen, Ketua BPBD E. Rahman, Asisten III Nasir Ahmad dan Kepala Kesbangpol Naswir serta beberapa audiensi lainnya di ruang kerja Gubernur pada Kamis (11/6).

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Untuk itu, perlu persiapan dan tahapan-tahapan dengan memperhatikan keselamatan peserta serta keselamatan panitia penyelenggara maupun masyarakat pemilih menjadi prioritas utama.

Pilkada tahun 2020 ini, kata Gubernur melanjutkan, akan diadakan pandemi Covid-19. Menyikapi kondisi tersebut perlu dipersiapkan alat pelindung diri (APD), seperti masker, hand sanitizer dan lain-lain sesuai dengan protokol kesehatan.

Gubernur Irwan Prayitno menyebutkan, akan melakukan koordinasi untuk mengadakan rapat dengan bupati/walikota dengan tujuan untuk menyamakan persepsi agar proses tahapan yang akan dilaksanakan, baik dengan kabupaten maupun kota sama-sama memiliki kesamaan persepsi.

“Untuk pelaksanaan terhadap kebutuhan perlengkapan juga ditanggung oleh kabupaten/kota. Kebutuhan perlengkapan itu bisa difasilitasi oleh tim Gugus Tugas oleh Dinas Kesehatan masing-masing ini perlu dikoordinasikan,” ujar Gubernur Irwan.

Kebutuhan tersebut tidak dapat dicukupi oleh Pemprov saja, harus dibantu juga oleh kota dan kabupaten. Untuk APD sesuai dengan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) dianggarankan oleh BPBD Sumbar Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) terkait dengan alat pelindung diri untuk merekomendasikan.

Selanjutnya pada tanggal 16 Juli nanti akan mengukuhkan kembali KPPS dengan diberinya pembekalan dan tanggal 18 sudah bisa kerja hingga 20 Juni juga masih kerja. Selanjut besok hari Jumat 18 Juni harus cepat selesai semua untuk membahas hasil terkait dengan APD.

loading...