Share

Sebanyak 200 wastafel diterima Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Batuan tersebut dari Tim Satuan Tugas (Satgas) bencana Badan Usaha Milik Begara (BUMN) di Kantor BPBD Sumbar pada (10/6).

Gubernur Irwan Prayitno menyatakan, bahwa Tim Satgas BUMN Sumatera Barat memberi wastafel bantuan sebanyak 165 unit, sementara 35 unit lagi telah lebih dulu disalurkan. Hal tersebut merupakan sebagai bentuk kepedulian dan peran dalam pencegahan Covid-19 di Ranah Minang.

“Penyerahan wastafel cuci tangan tersebut telah diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat. Wastafel ini akan disebarkan ke daerah-daerah atau untuk kepentingan umum nantinya, bisa ke masjid, kantor, pasar dan termasuk ke selolah-sekolah juga,” Ucap Gubernur Irwan.

Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Satgas BUMN yang telah peduli kepada masyarakat di Sumbar. Hal ini sangat bagus sekali dan mudah-mudahan wastefel ini sangat bermanfaat untuk masyarakat saat hadapi pandemi Covid dan mudah-mudahan wabah ini cepat berlalu.

“Kepada masyarakat agar wastafel ini dapat dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik sehingga dipergunakan untuk jangka panjang,” sambung Gubernur Irwan Prayitno.

Sementara Wakil Satgas BUMN Pelindo Iskandar mengatakan, yang berperan aktif dalam pembuatan wastafel ini adalah dari mahasiswa Politeknik Negeri Padang, karena tidak bisa magang disebabkan Covid-19, mereka ditarik ke kampus, lalu berdayakan berupa wastafel untuk cuci tangan.

“Untuk harga Wastafel diperkirakan Rp 1,7 juta perunit, harganya cukup murah, tetapi kualitasnya bagus” kata Iskandar.

Selain wastafel ini, mahasiswa Politeknik Negeri Padang juga berperan aktif dalam pembuatan alat pelindung diri (APD), Sembako dan ventilator termasuk juga seluruh kebutuhan swab BNI sebanyak 2.000 orang. Jadi, apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Sumatera barat dalam suasana Covid-19 ini BUMN melalui Satgasnya akan hadir dan ikut berperan dalam penanganan bencana.

“Apapun bencana yang terjadi di Sumbar kami akan hadir, karena ini adalah salah satu amanat negara bagaimana kita dapat memberikan suport kepada masyarakat,” ujar Iskandar.

Lebih lanjut Iskandar mengatakan, akan ada penambahan wastafel lagi kalau Gubernur menyurati, kita akan coba tambah sesuai dengan kebutuhan.

Westafel ini sudah disalurkan ke Kota Padang, beberapa daerah juga sudah kita salurkan dan selebihnya akan disalurkan oleh BPBD, karena mereka yang lebih tahu ke mana tempat yang membutuhkan penyaluran westafel tersebut.

loading...