Share

Saling terhubungnya satu daerah dengan daerah lain dinilai dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat. Hal itu merupakan bagian program Nasrul Abit-Indra Catri pada Pilada Sumatra Barat (Sumbar) 2020.

Calon Wakil Gubernur Sumbar, Indra Catri, ketika berkunjung ke Solok Selatan mengatakan bahwa akses antardaerah sangat penting. Dengan terbukanya akses tersebut, aktivitas masyarakat lebih efisien sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

“Pembangunan infrastruktur, termasuk membuka akses antardaerah, adalah pekerjaan rumah yang harus diupayakan,” katanya ketika berdiskusi dengan masyarakat di Jorong Talunan Baru, Nagari Talunan Maju, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Rabu (4/11).

Indra Catri mencontohkan Solok Selatan. Saat ini ada satu akses yang dilalui masyarakat untuk beraktivitas, yakni jalur Padang-Solok Selatan melalui Lubuk Selasih. Ke depan ia mengupayakan dibukanya jalur lain yang menghubungkan Dharmasraya-Sangir dan Kambang (Pesisir Selatan/Pessel)-Muaralabuh.

Ia yakin bahwa terhubungnya antardaerah tersebut ekonomi masyarakat semakin tumbuh, apalagi Solok Selatan negeri yang kaya, mulai dari pariwisata hingga hasil bumi.

“Terbukanya akses ini juga beriringan dengan pengentasan daerah tertinggal,” ucapnya.

Menurut Indra Catri, pembangunan infrastruktur merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan perekonomian. Aktivitas yang semakin ramai, misalnya di bidang pariwisata, juga akan berdampak pada geliat ekonomi. Ia bersama Nasrul Abit memiliki tugas berat untuk mengentaskan ratusan desa adat di Sumbar yang masih berstatus tertinggal. Karena itu, ia berharap dukungan serta doa restu dari masyarakat Solok Selatan.

loading...