Share

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama rombongan Gugus Tugas Covid-19 melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kelauan Mentawai guna melihat langsung persiapan Pemkab Mentawai memasuki new normal.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat saat ini mempersiapkan segala sesuatu pelaksanaan perubahan tatanan kehidupan baru yang aman Covid-19, termasuk bidang pendidikan.

“Menjelang diberlakukan normal baru di Provinsi Sumatera Barat, kita harus melihat bagaimana persiapannya di setiap kabupaten/kota. Untuk itu, kita melakukan kunjungan ke Mentawai,” terang Wagub Nasrul Abit.

Kedatangan Wagub Nasrul Abit dan rombongan disambut ketat sesuai protokol kesehatan, yakni cek suhu badan, penyemprotan desinfektan dan diwajibkan cuci tangan.

Selanjutnya Wagub Sumbar mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tuapejat untuk melihat kesiapan rumah sakit tersebut sekaligus memberikan surat keterangan sembuh Covid-19 setelah dirawat di RSUD Tuapejat.

“Dari lima orang pasien positif Covid-19 tinggal satu orang lagi. Saya berharap yang satu orang ini bisa segera sembuh dan bagi yang sembuh bisa kembali pada keluarganya,” ucap Nasrul Abit.

Selain itu, Wagub juga memberikan sosialisasi kebijakan new normal pemerintah pusat yang akan diterapkan mulai tanggal 7 Juni 2020 mendatang.

Wagub menjelaskan, mulai pekan depan sudah mulai menerapkan kebijakan kehidupan baru di tengah situasi pandemi Covid-19.

Wagub Sumbar menjelaskan, perubahan kehidupan normal baru sendiri adalah suatu kegiatan di mana kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam arti kegiatan perekonomian dan kegiatan sosial lain mulai dibuka kembali. Sehingga perekonomian dapat berjalan dan masyarakat bisa produktif, namun aman dari penyebaran Covid-19.

“Untuk menuju perubahan baru masyarakat harus patuh dan disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan bagi diri masing-masing dalam setiap aktivitas,” imbuhnya.

Usai rapat tersebut, Pemprov Sumbar menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) berupa pakaian hazmat premium 80 set, pakaian hazmat lokal 100 set, masker 50 dus, handskun 2 dus dan sepatu bot 5 pasang.

Pada kesepatan itu, Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake, masyarakat Mentawai harus siap menghadapi tatanan kehidupan baru ini. Bagaimanapun masyarakat harus menghadapi hal tersebut dan masyarakat bisa memulai aktifitasnya dan perputaran perekonomian bisa berjalan.

Wabup Kortanius menuturkan, Pemkab Mentawai siap untuk menjalankan normal baru tersebut dengan protokol dan SOP yang sudah ditentukan guna tetap menghambat penyebaran Virus Corona (Covid-19) apabila pemerintah telah resmi memberlakukan new normal.

loading...