Share

Penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) bukan hanya berdampak pada kesehatan saja, melainkan juga kepada perekonomian. Hal tersebut bisa dilihat, misalnya dari para pekerja yang di ‘rumahkan’ -bekerja dari rumah work from home (WFH). Bahkan yang lebih parahnya lagi, tidak sedikit dari para pekerja tersebut mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Akibatnya jelas, orang-orang kini tidak lagi memiliki pemasukan, lebih-lebih para pekerja yang hanya mengandalkan gaji harian. Dalam mengatasi ini, pemerintah telah memutuskan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dan meningkatkan daya beli masyarakat di lapisan bawah, termasuk semua yang merasakan dampak dari pandemi Covid-19.

Ada beberapa jenis bantuan yang dikeluarkan oleh pemerintah, sebagai berikut:

  1. PKH merupakan program keluarga harapan. Bentuknya uang tunai bersyarat, keluarga miskin, ibu hamil, anak balita, anak sekolah SD, SMP dan SMA/Sederajat, lansia 70 tahun ke atas.
  2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dulu namanya Raskin merupakan bantuan dengan bentuk bahan makanan yang disalurkan melalui Kios Desa yang ditentukan oleh Bank BRI berjasama dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).
  3. BLT Dana Desa adalah bantuan tunai dari desa masing-masing. Besarannya Rp 600.000 per bulan, direncanakan selama tiga bulan.

BLT dari Dana desa perlakuannya ada 3, yakni:

I. Bagi desa yg belum cair dana desa tahap I, maka diprioritaskan untuk BLT Covid-19,

II. Bagi desa yang telah cair dana desa tahap I, namun belum habis dibelanjakan, maka diprioritaskan untuk BLT Covid-19,

III. Bagi desa yang telah cair dana desa tahap I dan telah habis dibelanjakan, maka segera bermohon tahap II diprioritaskan untuk BLT Covid-19.

Siapa saja yang dibantu BLT Dana Desa? Adalah warga desa yan penghasilannya terdampak Covid-19 dan bagi warga desa rentang sakit atau sakit menahun. Dengan demikian ada desa lebih duluan beri bantuan ada juga terlambat beri bantun, karena prosesnya tadi di atas itu Tahap I dan Tahap II.

  1. Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian merupakan bantuan tunai diperuntukkan bagi rata-rata perkotaan atau kelurahan.
  2. BLT APBD adalah juga bantuan tunai dari Dinas Sosial (Dinsos) juga diperuntukkan bagi masyarakat yang belum dapat BLT Dana Desa atau lainnya.
  3. Sembako APBN adalah bantuan berupa bahan makanan yang bersumber dari pemerintah pusat langsung.
  4. Sembako APBD adalah juga bantuan berupa bahan makanan yang bersumber dari APBD provinsi dan Kabupaten
loading...