Share

Dukungan untuk Nasrul Abit-Indra Catri di Pilkada Sumbar 2020 terus mengalir. Kali ini dukungan datang dari Raja Jambu Lipo di Kecamatan Lubuak Tarok, Sijunjung.

Ia menyatakan dukungan kepada pasangan nomor urut 2 tersebut. Kerajaan Jambu Lipo merupakan salah satu cabang Kerajaan Pagaruyung yang berdiri pada awal abad ke-10. Raja pertamanya bergelar Dungku Dangka.

Raja Jambu Lipo, Firman Bagindo Tan Ameh, mengatakan bahwa pihaknya menumpangkan harapan besar kepada pasangan Nasrul Abit-Indra Catri. Ia mengungkapkan bahwa pihaknya memberikan dukungan karena keduanya sudah teruji dan memiliki latar belakang yang dinilai mampu memimpin Sumbar.

“Calon kepala daerah kita ini paham betul mengenai adat dan budaya di Sumbar, bahkan keduanya memiliki gelar adat,” katanya ketika bersilaturahmi dengan calon Wakil Gubernur Sumbar, Indra Catri, Senin (9/11).

Firman menyebut bahwa Nasrul Abit bergelar Datuak Malintang Panai, sementara Indra Catri bergelar Datuak Malako Nan Putiah. Keduanya, katanya, merupakan sosok yang tepat untuk didukung dalan pesta demokrasi ini.

Raja Jambu Lipo juga berharap kepada jika Nasrul Abit-Indra Catri terpilih untuk memperhatikan adat dan budaya. Ia berpesan kepada keduanya untuk memperbanyak kegiatan kesenian tradisional dan festival budaya.

“Kegiatan-kegiatan adat dan budaya yang dikemas dengan baik sudah sangat berkurang saat ini. Kami berharap kegiatan adat dan budaya dibangkitkan lagi oleh pemimpin kita,” ujarnya.

Sementara itu, Indra Catri mengatakan bahwa ia menampung aspirasi dari Raja Jambu Lipo. Ia pun sependapat dengan Raja Jambu Lipo tentang persoalan adat dan budaya tersebut.

“Di Agam, kegiatan-kegiatan adat dan budaya sudah hidup. Ke depan juga bisa diimplementasikan untuk Sumatra Barat,” ucapnya.

loading...