Share

Launching Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII di Sumbar akan dilaunching pada 24 Juli 2020 mendatang. Hal dilakukan dengan banyak pertimbangan, salah satunya adalah menyikapi pandemi Virus Corona.

“Karena menyikapi masa pandemi wabah Virus Corona, kami mengusulkan launching MTQ Nasional XXVIII ini pada 24 Juli 2020 secara virtual. Dan acara utamanya dilakukan pada 12-21 November 2020 di Sumatera Barat,” ungkap Gubernur Irwan Prayitno di Jakarta pada Kamis (16/7).

Hal ini juga telah mendapat perhatian penuh dari Menteri Agama RI, Fachrul Razi dalam pertemuannya dengan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno yang didampingi oleh Sekretaris Daerah, Alwis.

Gubernur menyampaikan, tatacara pelaksanaan kegiatan akbar tersebut dengan berbagai pilihan, seperti pelaksanaan secara normal, pelaksanaan secara pengerahan masal, pelaksanaan secara pengerahan tanpa masal dan yang terakhir secara virtual.

Pertimbangan ini, jelas Gubernur, karena masih banyaknya wabah Covid-19 di Sumatera Barat angkanya sudah kebanyak zona hijau dan kuning. Tidak ada zona merah lagi.

Meski demikian, Gubernur Irwan Prayitno menegaskan, bahwa pelaksanaan MTQ Nasional akan menerapkan protokol kesehatan.  Sebab, para peserta akan datang dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Yang menjadi pertimbangan adalah peserta MTQ Nasional XXVIII adalah dari seluruh Indonesia. Jadi, semua harus memperhatikan protokol kesehatan. Antisipasi protokol kesehatan di setiap kegiatan, harus ada kepastian negatif/positif peserta dan panitia pada acara tersebut,” kata Gubernur Irwan Prayitno.

Sementara, Menteri Agama RI, Fachrul Razi mengharapkan, event akbar tersebut harus ditata dengan baik. Mulai dari antisipasi dan aspek protokol kesehatan sangat penting, mengingat peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Menteri Agama RI juga menegaskan, agar semua panitia dan pihak yang terlibat pada MTQ Nasional XXVIII ini mematuhi protokol kesehatan. Kesiapan yang sudah baik dan pematangan kesiapan secara tekhnis terkait protokol kesehatan.

Menag juga menambahkan, bahwa moment ini juga menjadi ajang menuangkan inovasi-inovasi terkait MTQ Nasional di tengah Covid-19. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan memberikan kebaikan-kebaikannya.

loading...