Share

Warga Nagari Taluak Kasai, Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan, meminta Nasrul Abit mengucurkan beasiswa untuk siswa miskin dan siswa berprestasi. Selain itu, mereka meminta calon Gubernur Sumbar itu untuk memperbaiki irigasi pertanian.

“Banyak yang ingin sekolah, tapi tidak mampu. Kalau bapak terpilih, pendidikan ini tolong diperhatikan. Pendidikan ini investasi masa depan bagi Sumbar,” ujar Evi, warga Taluak Kasai, kepada Nasrul Abit, Minggu (16/11). Ketika itu, Nasrul Abit melakukan safari politik di nagari itu.

Sementara itu, Hasan Basri Inang, warga lainnya, mengatakan bahwa masyarakat setempat membutuhkan irigasi karena sebagian sawah di kampung itu masih tadah hujan.

“Kalau bisa berikan kami embung untuk penampung air, Pak, agar sawah yang tadah hujan bisa diairi,” tuturnya.

Untuk menanggapi permintaan Evi, Nasrul Abit menjelaskan bahwa ia telah memasukkan beasiswa dalam program unggulannya di sektor pendidikan. Program unggulan lainnya pada bidang pendidikan ialah mencetak 1.000 doktor dalam lima tahun.

“Kami sudah rancang yang ibuk Evi tanyakan itu. Kami mengusung program unggul pendidikan berkarakter, termasuk di dalamnya beasiswa dan bantuan untuk sarana dan prasarana pendidikan,” ucapnya.

Jika terpilih, mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode itu akan memanfaatkan dana Rajawali sebanyak Rp87 miliar untuk bidang pendidikan.

“Dana ini juga akan kita gunakan untuk pencetak seribu doktor dan bekerja sama dengan Unand, UNP, dan UIN Iman Bonjol Padang,” katanya.

Perihal irigasi, Nasrul Abit mengatakan bahwa ia akan melihat dulu pembangunan irigasi di Taluak Kasai itu kewenangan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan atau Pemerintah Provinsi Sumbar.

Jika kewenangan pembangunan itu berada di pemerintah provinsi, ia akan membangun irigasi itu jika terpilih menjadi gubernur. Sehubungan dengan sektor pertanian, pihaknya akan mengalokasikan 12 persen APBD untuk bidang pertanian.

“Ini juga jadi prioritas kami. Pak Prabowo berpesan soal ketahanan pangan kepada kami,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Nasrul Abit juga menyampaikan bahwa ia berencana membangun objek wisata Pantai Labuang Baruak. Menurutnya, objek wisata itu sangat berpotensi untuk dikembangkan.

“Kami akan bangun jalan dari Bukit Pulai tembus ke Sungai Bungin sehingga akses ke Pantai Labuang Baruak lancar dan pariwisata ini berkembang,” tuturnya.

loading...

Leave a Reply