Share

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menghadiri acara tabligh akbar peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1442 H di lapangan Jorong Koto Tangah, Surau Suluk Habiburahman, Koto Tangah, Kenagarian Lubuak Batingkok, Payakumbuh pada Minggu (16/8).

Pada kesempatan tersebut, Nasrul Abit mengajak masyarakat dalam menyambut tahun baru Islam ini dengan terus memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi ke depannya.

“Kebangkitan semangat baru harus dituangkan dalam torehan prestasi apapun peran yang kita dapatkan. Sumbar harus unggul dimata dunia,” ujar Nasrul Abit.

Wagub Sumbar mengungkapkan, bahwa semua elemen memiliki peran dalam pembangunan. Untuk itu, selain meningkatkan prestasi di bidangnya masing-masing, menjaga persatuan juga wajib bagi seluruh masyarakat.

“Peringatan Tahun Baru Islam diharapkan menjadikan refleksi bagi kita untuk dapat untuk menjadi lebih baik lagi, Terutama bagi masyarakat Sumbar,” ucapnya.

Wagub Nasrul Abit menjelaskan, bahwa melalui semangat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1442 H, harus dimanfaatkan untuk membangun dan bekerja lebih keras serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa, disertai ahlakul karimah, di mana akan menjadi kekuatan terbesar guna terwujudnya Sumbar yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur.

“Hijrah sebagai momentum prestasi, persatuan dan persaudaraan untuk membangun kekuatan aqidah, guna semakin meningkatnya kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” sebutnya.

Sementara itu, Nasrul Abit memberikan edukasi tentang Covid-19 kepada masyarakat sekaligus mengajak menerapkan protokol kesehatan.

“Kedisiplinan diri dapat memberikan dampak positif dalam membangun kepatuhan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan. Kepedulian warga terhadap protokol kesehatan akan membawa dampak yang cukup besar pada penanganan Covid-19 di Sumbar,” tuturnya.

Selanjutnya pada kesempatan itu, Syaikh M. Darmizon Malin Mudo guru surau suluk habiburrakhman memberikan tausyiah sekaligus memimpin salawat nabi dan berdo’a bersama.

Syaikh M. Darmizon Malin Mudo menyampaikan, bahwa Bulan Muharam, yang selanjutnya ditetapkan sebagai kalender tahun Hijriyah atau tahun baru islam, merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi perjalanan dan kehidupan umat Islam di mana secara historis berkaitan dengan hijrahnya baginda Nabi Besar Muhammad SAW, dari Kota Mekkah menuju Kota Madinah melalui berbagai pengorbanan dan ancaman yang sangat luar biasa.

loading...