Share

Hari Koperasi Indonesia ke-73 tahun 2020 yang jatuh pada Sabtu (11/7) disambut baik oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit di masa pandemi dengan tema ‘Mewujudkan Ekonomi Rakyat yang Berdaulat Bersama Anggota yang Sehat dan Koperasi yang Kuat.’

Wagub Nasrul Abit mengatakan, bahwa koperasi merupakan bentuk perekonomian yang paling cocok bagi Bangsa Indonesia. Sebab, para pendiri bangsa menyebutnya sebagai “usaha bersama” berdasarkan azas kekeluargaan.

“Memaknai hari peringatan koperasi di masa pandemi Covid-19 dan perkembangan teknologi infomasi tahun ini dapat menjadi sebuah pemikiran besar bahwasanya usaha-usaha ekonomi masyarakat telihat lebih mampu bertahan di masa-masa sulit bangsa. Makanya, usaha koperasi mesti menjadi jati diri usaha masyarakat dari anggota untuk anggota,” himbau Wagub Nasrul Abit.

Wakil Gubernur juga menyampaikan, bahwa koperasi adalah wadah yang hebat bagi perekonomian rakyat, ada nilai kekeluargaan yang kuat, anggota berusaha dan anggotan pun bisa mendapat untung dari usah koperasi sendiri. Untuk memaknai Hari Koperasi saat ini, perlu kiranya kita dukung dengan semangat cinta memaknai produk dalam negeri. Minimal dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Wagub Nasrul Abit menuturkan, kita mesti terus ingat bahwa salah satu tokoh Proklamator Indonesia, yakni Muhammad Hatta dalam bukunya menyabutkan, bahwa koperasi punya historis panjang di Indonesia. Menurut M. Hatta gerakan kebangsaan Indonesia sudah mengadopsi koperasi ini. Maklum, filosofi koperasi sama dengan semangat self-help.

Wagub juga mengajak, koperasi juga bisa mendidik, toleransi dan rasa tanggung-jawab bersama. Koperasi bisa menempa ekonomi rakyat yang lemah agar menjadi kuat. Koperasi bisa merasionalkan perekonomian, yakni dengan mempersingkat jalan produksi ke konsumsi. Bagi Bung Hatta, koperasi merupakan senjata persekutuan si lemah untuk mempertahankan hidupnya. Oleh karena itu, mari kita tumbuhkan semangat berkoperasi untuk kejayaan bangsa.

loading...