Share

Pembangunan jalan lintas yang menghubungkan antara Abai Sangir, Kabupaten Solok Selatan dengan Sungai Dareh, Kabupaten Dhamasraya menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemerintah (Pemprov) Sumatera Barat. Jalan lintas tersebut memiliki panjang sekitar 44.10 kilometer ditargetkan akan rampung dua tahun ke depan.

Wakil Gubernur mengungkapkan, di sepanjang rute terdapat sawit dan karet, sehingga mau tidak akses jalan di wilayah tersebut harus segera ditutaskan. Agar roda perekonomian dapat berjalan dan berkembang dengan lancar.

Wagub Nasrul Abit menerangkan lebih lanjut, bahwa selain jalan, terdapat lima jembatan di lintasan tersebut, yakni jembatan Batang Sitapus (16 meter), jembatan Batang Jujuan (40 meter), jembatan Ujung Tongah (30.20 meter), jembatan Golanggang (14 meter) dan jembatan Batang Palo (25 meter).

“Baik jalan penghubung antara Solok Selatan dan Dharmasraya ini, maupun kelima jembatan, harus segera diselesaikan. Kita targetkan rampung dalam dua tahun ini. Rute tersebut, memiliki peran membangkitkan urat nadi perekonomian warga. Di sini ada lahan pertanian sawit dan karet. Juga ada masyarakat transmigrasi dari Jawa Tengah. Juga ada sekolah. Kita akan upayakan pembangunannya selesai dalam waktu dekat. Sekarang sudah selesai proses pengerasan. Kita ingin seluruh wilayah di Sumbar ini, terkoneksi. Alhamdulillah, itu, sudah terwujud,” kata Nasrul Abit pada Jumat (12/6).

Jalan yang menghubungkan kedua daerah tersebut terwujud atas bantuan dari Kemeterian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Kemaritiman). Wagub Nasrul Abit berharap, Kemenko Kemaritiman kembali menyuport lanjutan pembangunan tersebut sehingga benar-benar layak digunakan.

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit menjelaskan, berdasarkan peninjauan pada Kamis (11/6) kemarin, arus listrik di kawasan ini sudah ada. Tinggal lagi jaringan komunikasi yang belum. Untuk itu, nanti kita akan dorong Dinas Kominfo untuk menindak-lanjuti soal jaringan komunikasi ini. Termasuk juga akses internet. Karena, di sini ada beberapa sekolah yeng tentu saja membutuhkan akses internet.

Sementara itu pelaksana tugas (Plt) Bupati Solok Selatan Abdul Rahman menyampaikan terima kasih atas suport dari Pemerintah Provinsi yang menjadikan pembanguanan ruas jalan Abai Sangir – Sungai Dareh ini, salah satu prioritas di sektor pembangunan infrastruktur.

Menurut Abdul Rahman, selain bisa melancarkan pergerakan ekonomi di segi pertanian, ruas jalan ini juga bermanfaat untuk kelancaran akses transportasi menuju dan dari Solok Selatan ke Dharmasraya. Waktu tempuh pun menjadi lebih singkat.

Selain itu kata Abdul Rahman, pasca kunjungan Nasrul Abit beberapa tahun lalu, membuahkanprogres yang cukup baik. Salah satunya yakni, dengan sudah masuknya aliran listrik di wilayah tersebut.

loading...