Share

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit didampingin oleh Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Heri Nofiardi, Kepala BPTD Wilayah III Sumbar Kemenhub RI, Deny Kusdyana dan Plt. Biro Humas, Zardi Syahrir beserta instansi terkait meninjau langsung pembangunan terminal tipe A di Anak Air, Koto Tangah, Kota Padang pada Selasa (14/7).

Wagub mengatakan, bahwa pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 4.5 hektare untuk pembangunan terminal dan ini satu-satunya terminal di Kota Padang. Terminal tersebut nantinya akan dikelola oleh Kepala BPTD wilayah III Sumbar Kemenhub RI, Deny Kusdyana. Adapun fasilitas pendukung yang dibangun, seperti tempat uji kendaraan (KIR) serta kawasan komersial.

“Namun, setelah saya mengikuti rapat siang tadi bahwa ada kendala dalam pembebasan lahan, sedang fisiknya sudah berjalan, sebagai informasi yang diterima pada Bulan Desember 2020, akhir tahun ini akan selesai,” ucap Wagub Nasrul Abit.

Wakil Gubernur mengatakan, hal tersebut perlu koordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, sehingga ada anggaran untuk pelebaran jalan, tembus arah Bypass dan dibebaskan segera.

Terminal regional yang dibangun mampu melayani 500 unit angkutan kota (Angkot) dalam provinsi (AKDP) dan 150 angkutan kota antar provinsi (AKAP) yang melayani Padang – Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan sebaliknya.

Lebih lanjut, Wagub mengatakan, terminal ini merupakan suatu kebutuhan, sudah puluhan tahun tidak mengoperasikannya. Ini sesuatu yang sangat menjanjikan lagi dengan dibukanya terminal ini akan ada multi efek kepada masyarakat.

loading...