Share

Calon Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit, menemukan bermacam persoalan dalam kunjungannya ke daerah-daerah. Ia kemudian menampung aspirasi masyarakat tersebut dan memasukkannya ke dalam programnya ke depan.

Bundo Kanduang di Batipuah Baruah, Kecamatan Batipuah, Tanah Datar, misalnya, meminta Nasrul Abit mengaspal jalan di nagari itu. Kini kondisi jalan di sana sangat memprihatinkan.

“Insyaallah Pak Nasrul Abit jadi gurbernur. Amin. Kalau sudah duduk, tolong perhatikan jalan kami yang berlubang ini, Pak. Jangan kami dianaktirikan. Kalau hujan di sini, kami harus angkat celana agar tak kecipratan genangan air di lubang jalan,” katanya ketika Nasrul Abit mengunjungi Batipuah Baruah, Jumat (6/11).

Dalam pertemuan itu Bundo Kanduang Batipuah Baruah juga menyampaikan kekagumannya terhadap kesuksesan Nasrul Abit membangun Pesisir Selatan (Pessel), terutama dalam pembangunan jalan di kabupaten itu.

“Saya pernah ke Pessel waktu bapak jadi bupati. Waktu itu saya pergi melihat keluarga pesta pernikahan. Jalan-jalan di Pessel bagus sampai ke pelosok-pelosok. Kami di sini juga ingin seperti itu pak,” ujarnya.

Untuk menjawab permintaan tersebut, Nasrul Abit menjelaskan bahwa selama pemerintahannya nanti akan ada peningkatan jalan untuk aksestabilitas antardaerah. Pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota agar bantuan provinsi bisa masuk.

“Biar nyambung dari sisi kewenangan, kami akan MoU dengan bupati dan wali kota agar ada pembangunan jalan-jalan di nagari,” tuturnya.

Akses yang baik, kata Nasrul Abit, berpengaruh kepada perekonomian masyarakat setempat. Menurutnya, jalan bisa mempercepat distribusi hasil pertanian dari daerah ke kota atau sebaliknya.

“Perbaikan jalan perlu dilakukan, termasuk jalan-jalan menuju destinasi wisata,” katanya.

loading...